Kongres Nasional II HPPBI telah berlangsung pada 30 September 2017 di Mataram bersamaan dengan Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Biologi di Universitas Mataram. Kongres Nasional II diikuti oleh pengurus pusat HPPBI 2014-2017, dan anggota HPPBI.

Kongres Nasional II dibuka oleh Ketua Umum HPPBI periode 2014-2017, dengan agenda kegiatan sidang laporan pertanggungjawaban pengurus pusat HPPBI periode 2014-2017, penyusunan dan penetapan pengurus pusat dan dewan penasihat HPPBI periode 2018-2021, rapat komisi pembahasan AD/ART, penyusunan road map penelitian dan pengabdian HPPBI, publikasi dan annual meeting HPPBI 2018.

Laporan pertanggungjawaban Pengurus Pusat HPPBI periode 2014-2017 disampaikan oleh Ketua Umum HPPBI Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D dapat diterima oleh peserta Kongres Nasional II. Selanjutnya dibentuk Pengurus Pusat HPPBI periode 2018-2021. Ketua Umum HPPBI 2018-2021 adalah Dr. Mushawwir Taiyeb, sedangkan Sekjen HPPBI 2018-2021 adalah Murni Ramli, S.P., M.Si., Ed.D.

Rapat Komisi A membahas tentang Perubahan AD/ART. Beberapa perubahan mendasar pada AD/ART HPPBI adalah 1) Pasal 5, yaitu perubahan istilah Pengurus koordinator wilayah (Korwil) menjadi Pengurus Wilayah dan  penghapusan istilah Pengurus Komisariat Lembaga menjadi Pengurus Daerah.2) Pasal 6 AD ayat 2 tentang cakupan wilayah yaitu satu provinsi,  dan ayat 3, pengurus daerah membawahi minimal 10 anggota. 3) Pasal 6 ayat 4 dihapus, yaitu mengenai definisi wilayah. Perubahan ini juga berimbas pada perubahan pasal 20 dan 21 tentang Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah, dan pasal-pasal yang lain terutama terkait dengan perubahan istilah tersebut. Perubahan yang sama juga terjadi pada ART HPPBI. Dengan adanya perubahan tersebut, ditetapkan AD/ART HPPBI 2018-2021.

Selain itu, pada Rapat Komisi B, C dan D dihasilkan rumusan sebagai berikut:

Visi

Menjadikan HPPBI sebagai wadah pengembangan kompetensi dan profesionalisme pendidik dan peneliti (pengabdi pendidikan) biologi secara berkelanjutan.

Misi

  1. Menyelenggarakan peningkatan kompetensi dan profesionalisme pendidik dan peneliti biologi.
  2. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam rangka optimalisasi hasil penelitian pendidikan biologi dan biologi.
  3. Menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian biologi secara nasional dan internasional.

Program jangka pendek (tahun 1-2)

  1. Optimalisasi perekrutan anggota HPPBI.
  2. Membuat wadah komunikasi dan koordinasi antar pengurus dan anggota HPPBI dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  3. Penyelenggaraan workshop pengembangan dan pendampingan kurikulum biologi dengan memanfaatkan e-learning.
  4. Penyelenggaraan workshop penyusunan roadmap dan proposal penelitian dalam berbagai skema.
  5. Pemetaan bidang kepakaran anggota HPPBI Pemetaan bidang kepakaran  anggota HPPBI.

Program jangka menengah (2-3 tahun)

  1. Desiminasi hasil penelitian pendidikan biologi, biologi, dan interlasi antara pendidikan dan biologi pada berbagai media publikasi nasional dan internasional.
  2. Memberikan penghargaan kepada semua komponen yang dapat memberikan sumbangan keilmuan atau praktik dalam bidang pendidikan biologi dan biologi.

Program jangka panjang (> 4 tahun)

  1. Menyelenggarakan pembelajaran kolaboratif bidang biologi antaruniversitas, sekolah, pakar, dan lembaga dengan memanfaatkan perkembangan IT.
  2. Kolaborasi riset antar lembaga nasional dan internasional.
  3. Melahirkan standar-standar baku sebagai acuan dalam pembelajaran dan pengajaran biologi.

Annual meeting HPPBI 2018 sebagai embrio awal Konferensi HPPBI disepakati akan diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Leave a Comment